Kamis, 15 November 2012

5 Resep jitu bikin game.


    Ada beberapa faktor penunjang sukses nya sebuah game . Karena tidak gampang membuat game dengan resep yang biasa-biasa saja . Soalnya game yg bisa menilai dari pemain game tersebut , kalau menarik serta bagus biasanya pemain bisa merasakan itu agar game tersebut bisa di terima baik.
Tetapi kali ini ada 5 resep yang bisa membuat pemain tertarik memainkan game ini , seperti yang di bagi Arieg Widhiyasa , CEO developer game asal bandung Agate Studio , berikut resepnya :

1. Pemilihan Tema

    Pemilihan tema yang tepat menjadi salah satu unsur penting membuat game. Menurut Arief di bilang kalau dari awal memilih tema yang salah , seterusnya akan berujung pada kesalahan juga.
Misal di indonesia ada game yang bernama American Football tidak populer , jika kita memaksa untuk membuat game American Football tersebut , sudah pasti tidak akan laku atau tidak akan tertarik orang memainkan nya.

2. Memilih Core Loop

    Core Loop adalah aktivitas utama pemain selama bermain. Contohnya di social game Harvest Moon , Si pemain menaruh tanaman , menunggu panen , menjual tanaman , mendapatkan uang , dan menanam lagi bergitu seterusnya dan masih banyak lagi .
Kalau kita melihat tahap Core Loop tersebut , ketika kita menanam , ada banyak macam-macam tanaman yang ingin kita tanam , kalau panen , ada variasa cara memanen . Ketika kita berbelanja , ada variasi di rumah . Harus di pastikan Core Loop nya menyenangkan.

3. Thirty Days Experience

    Pembuat game pastinya harus memperhatikan yang satu ini , ketika bermain selama 30 hari pertama kita harus memastikan pemain merasa senang . Untuk membuat pemain merasa senang dan loyal terhadap game yang di mainkan . Kita harus mengupdate feature , Tutorial dan sebagainya.

4. First Three Months

    Di sini pembuat game harus memastikan juga untuk tiga bulan pertama . Game tersebut masih menarik para pemain , kita harus tau cara membuat pemain tidak bosan . Kita bisa mengunakan menambahkan efek yang menyenangkan untuk para pemain agar mereka tidak bosan.

5. Punya Pipeline Content

    Terakhir Pipeline Content , di sini developer harus menyusun rencana untuk menambahkan apa selama periode selanjutnya., misal untuk tahun kedepan nya . Dan berikutnya hingga game ini selesai atau habis . Kata Arief Rata-rata game itu sampai 2-3tahun , sebagai contoh Social game Life Cyclenya hanya 2-3tahun.

    Itu lah 5 resep yang memungkinkan membuat game dengan baik . Semoga resep ini bisa bermanfaat untuk pembuat game .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar